Posted by : Miamii Keebs Rabu, 19 Juni 2013

Mungkin judul yang pas adalah Cara agar komputer tidak lag pada saat menjalanklan game berat, tetapi rasanya kurang pas untuk dijadikan sebuah judul. Jadi, saya ganti judulnya dengan Tips mengoptimalkan komputer untuk menjalankan game berat.


Mungkin anda sudah pernah atau mungkin terlalu sering membaca artikel tentang hal yang sama, memang untuk yang namanya game hal yang harus diperhatikan adalah kenyamanan dalam memainkannya yaitu bebas dari lag.

Saya harap tips ini dapat sedikit membantu bagi anda yang mungkin terlalu awam untuk mentweak komputer (PC,Laptop) agar lebih "ringan" dalam menjalankan proses dari game.

Berikut tipsnya:

1. Bersihkan secara rutin debu - debu dari dalam casing PC.
Debu bisa menjadi masalah yang besar, kerusakan akibat partikel debu banyak terjadi karena si pemilik  komputer terlalu malas untuk membersihkan komputernya sendiri. Ada baiknya anda lakukan ini secara rutin seperti 1 bulan sekali. Untuk Laptop, anda bisa membawanya ke Service Center dari vendor Laptop anda. Jangan khawatir biasanya biayanya tidak mahal.
2. Tutup Program yang tidak perlu
Sebaiknya anda tutup program yang tidak perlu ketika akan menjalankan sebuah game, ini untuk memaksimalkan kinerja RAM pada saat memproses data dari game.
3. Bersihkan dump registry nya!
Registry sampah bisa sangat menggangu. Ini bisa menyebabkan program game corrupt atau tidak berjalan dengan baik, banyak software-software gratis untuk membersihkan dump-registry ini.
 4. Jangan lupa lakukan defrag pada harddisk secara rutin
Ini sangat berguna untuk membuang file-file dummy sisa-sisa program yg sudah di uninstall atau file yang sudah di hapus. Biasanya komputer masih menyimpan file-file tersebut dan fungsi defrag ialah untuk "meluruskan" susunan dari file-file agar meringankan kinerja harddisk, loading game jadi lebih cepat ketika harddisk di defrag secara rutin.
5. Jangan gunakan tema yang terlalu berat
Saya rasa menggunakan windows classic theme sudah cukup, ini berguna untuk meningkatkan kinerja kartu grafis dalam memproses gambar, menjadikan game lebih lancar ketimbang menggukan tema yang rumit, apalagi untuk Windows 7 yang temanya biasanya mengandung unsur transparan.
6. Atur VSinc ke on.
Ini hanya saran saya, coba nyalakan pengaturan VSinc pada game ata pada pengaturan kartu grafis anda. Ubah menjadi ON. Fungsi dari VSinc itu sendiri dalam pendapat saya adalah untuk meningkatkan FPS (Frame Rate PerSecond) dan mengoptimalkan screen refresh rate yang biasanya 60Hz. Jadi saran saya, nyalakan saja VSinc nya.
7. Update driver kartu grafis anda, rutin.
Untuk yang satu ini mungkin akan membutuhkan koneksi internet, maka dari itu lakukan update secara rutin bila sudah waktunya mengupdate driver kartu grafis anda, biasanya akan ada perbaikan bug dari versi driver kartu grafis anda yang sebelumnya hingga dapat mengoptimalkan komputer dalam memainkan game. 
Bagaimanapun tips tidak dapat kita gunakan untuk memperpanjang jangka pemakaian hardware komputer kita, penggunaan komputer yang wajarlah yang memperpanjang umur hardware kita. Sekian dari saya, bijaklah dalam penggunaan komputer untuk memainkan game (terutama pada Laptop). Semoga bermanfaat.

 
Diberdayakan oleh Blogger.
Ping your blog, website, or RSS feed for Free

- Copyright © INFOSTERZ - Metrominimalist - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan - Modified by Fahmi Fasha A - Best look on Chrome